Senin, 14 September 2009

Sejarah Komputer

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.

Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia.

Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke

dalam 4 golongan besar.

1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia

2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual

3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik

4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh

Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.

ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK

Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya.Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi.

Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan.

Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal.

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk

menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh

tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat

instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi

(berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut.

Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan

perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.

Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dpat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualny ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating

Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembac kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960.

Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan

poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk

terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

KOMPUTER GENERASI PERTAMA

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan

merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola

kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan

kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.

KOMPUTER GENERASI KEDUA

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

KOMPUTER GENERASI KETIGA

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan

mengkoordinasi memori komputer.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.

Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu

adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di

rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit ditahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-

komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi

sangat besar.

KOMPUTER GENERASI KELIMA

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampumengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.

Sejarah perkembangan komputer

Komputer dan perkakasannya merupakan komponen penting proses pengiraan dan simpanan data sejak ia mula dicipta. Komputer telah berkembang dari satu peralatan mekanikal berubah kepada menggunakan tiub vakum, kepada litar elektronik dalam tempoh masa yang singkat.

Alat Hitung Pertama

Manusia telah lama menggunakan alat untuk membantu aktiviti harian mereka contohnya dalam kiraan. Antara contoh alat kiraan terawal ialah dacing, yang membolehkan berat sesuatu benda dibandingkan. Manakala sempoa ataupun dekak-dekak merupakan alat pertama yang digunakan untuk mengira. Sejarah per-komputer-an memiliki arti yang sangat penting bagi kita. Selama dua dekade terakhir telah banyak terjadi sesuatu yang menggemparkan tetapi tidak semeriah sejarah komputer elektronik. Pada masa orang-orang tinggal dan bekerja, penemuan komputer oleh John V. Atanasoff (1942) bisa digolongkan pada salah satu dari peristiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah. Namun, semua tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penemuan & peristiwa pada masa sebelumnya yang mendasari itu semua.

Sejarah Purbakala Sejarah komputer elektronik modern memang dianggap mulai pada tahun 1942, tetapi penemuan-penemuan sebelumnyalah yang lebih berperan dalam penemuan-penemuan komputer elektronik berikutnya.

Abacus Abacus mungkin alat hitung manual pertama di dunia. Abacus (mungkin) telah ditemukan setidaknya 5000 tahun yang lalu. Kemampuannya telah terbukti sejak digunakannya sebagai alat penghitung di sekolah dan per-bisnisan modern. Sekarang abacus lebih di kenal sebagai cipoa. Sebenarnya, abacus berasal dari Mesir, tetapi oleh orang Cina dibawa ke negerinya sehingga berubah namanya menjadi cipoa.

Pascaline Blaise Pascal (1623-1662), seorang ahli filosofi dan matematika, menemukan alat penghitung mekanik pertama yang berupa mesin. Alat tersebut disebut Pascaline dan menggunakan ‘roda penghitung’ untuk menjumlahkan bilangan. Walaupun atas penemuannya ini Pascal dipuji sampai keseluruh Eropa, tetapi Pasaline merupakan alat yang sukar untuk diperbaiki jika rusak. Hanya Pascal saja yang bisa memperbaiki alat tersebut, sehingga para pengusaha menganggap alat tersebut terlalu kompleks. Selain itu pada masa tersebut tenaga kerja bidang perhitungan aritmatik sangat murah dibanding dengan tenaga kerja bidang mesin.

Bagaimanapun desain ‘roda penghitung’ masih digunakan oleh seluruh alat hitung setidaknya sampai pertengahan tahun 1960. Kemudian alat penghitung mekanik telah dianggap usang sejak ditemukannya alat penghitung elektronik.

Babbage’s Folly Mungkin Charles Babbage (1792-1871) yang telah mempercepat perkembangan komputer sejak 1600-an. Ia memajukan perkomputeran di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Babbage menemukan ide mengenai analytical engine. Orang-orang yang skeptik menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal.

Pemikiran-pemikiran Babbage yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik dari komputer elektronik modern. Semenjak Babbage dilahirkan pada era teknologi elektronik, mesin berhitung elektronik mungkin telah ditemukan jauh sebelumnya. Ironisnya, para pelopor sebelumnya dalam pengembangan mesin berhitung elektronis tidak sadar akan idenya mengenai memori, printer, punched-card dan serangkaian program pengontrol.

Peralatan Punched-card Punched-card Pertama Alat tenun Jacquard ditemukan tahun 1801 dan masih digunakan sekarang, alat ini dikendalikan dengan punched-card (punched-card). Punched-card ditemukan oleh orang Perancis yang bernama Joseph-Marie Jacquard (1752-1834). Lubang merupakan inti dari punched-card dan kartu-kartu tersebut menunjukkan desain untuk tenunan.

Babbage ingin menerapkan konsep punched-card dari alat tenun Jacquard untuk analytical engine-nya. Pada tahun 1843, Lady Ada Augusta Lovelace menilai punched-card tersebut bisa dirancang untuk menginstruksikan mesin analisis milik Babbage untuk mengulang operasi-operasi tertentu. Atas penilaiannya, beberapa orang menganggap Lady Lovelace sebagai programmer pertama (walaupun masih diperdebatkan).

Munculnya Pemrosesan Data Otomatis The U.S. Bureau of Cencus tidak menyelesaikan sensus sejak tahun 1880 sampai hampir 1888. Pimpinan Bureau segera menghentikannya sebelum berlangsung selama 10 tahun. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang ahli statistik menggunakan keahliannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus pada tahun 1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine), sensus bisa selesai dalam waktu 2,5 tahun. Inilah dimulainya pemrosesan data secara otomatis. Jerih payah Dr. Hollerith membuktikan sekali lagi bahwa “kebutuhan merupakan ibunya penemuan”.

Hollerith mendirikan Tabulating Machine Company dan menjual produknya ke seluruh dunia. Permintaan mesin Hollerith menyebar sampai ke Rusia. Sensus pertama di Rusia (1897) menggunakan mesin Hollerith. Pada tahun 1911, Tabulating Hollerith Company merger dengan beberapa perusahaan lain dan berganti nama menjadi Computing-Tabulating-Recording Company.

Electromechanical Accounting Machine Hasil (output) dari mesin Hollerith masih harus ditulis tangan, sampai pada tahun 1919 Computing-Tabulating-Recording Company mengumumkan telah menciptakan printer/lister yang lama kelamaan merubah jalan hidup perusahaan tersebut. Untuk mengembangkan jangkauannya, pada tahun 1924 perusahaan tersebut merubah namanya menjadi International Business Machine Corporation (IBM).

Sampai pertengahan tahun 1950, teknologi punched-card diperbaiki dengan penambahan beberapa alatnya serta kemampuan yang lebih pintar. Pada setiap kartu biasanya mengandung sebuah record (misal nama dan alamat), pada pemrosesan punched-card juga ada yang disebut sebagai unit record processing (satu kartu = satu record). Walaupun pemrograman interaktif dan on-line data entry telah membuat punched-card secara ekonomis usang, kita masih bisa menemukannya di tempat terpencil (mungkin tidak di Indonesia).

Keluarga dari mesin punched-card Electromechanical Accounting Machine (EAM) tersedia dengan card punch, verifier, reproducer, summary punch, interpreter, sorter, collator, calculator, dan mesin akunting. Kebanyakan dari alat-alat tersebut di program untuk melakukan operasi khusus dengan menyisipkan papan kontrol yang prewired. Sebuah panel yang berbeda terhubung (wired) untuk tiap jenis operasi untuk bekerja.

Pemrosesan Punched-card Ruangan mesin yang menggunakan punched-card telah membuka lowongan kerja. Beberapa ruangan tersebut mirip sebuah pabrik. Punched-card dan hasil cetakan dari printer dipindahkan dari alat lain ke yang lainnya dengan menggunakan gerobak tangan. Tingkat kebisingannya tidak jauh berbeda dengan sebuah pabrik mobil.Untuk mempersiapkan arsip-arsip punched-card yang akan diproses, kartu-kartu tersebut harus sudah tersortir dan tersusun. Karena setiap alat-alat punched-card beroperasi secara bebas, beberapa langkahnya disebut “langkah-langkah mesin” yang dibutuhkan untuk menghasilkan keluaran. Dalam sekali langkah, tiap arsip membaca satu kartu dalam satu waktu. Pada kebanyakan sistem informasi modern, hanya bagian dari database yang dibutuhkan saja yang diproses, biasanya dalam satu langkah

Kalkulator mekanikal pertama

A. Komputer Sebelum Tahun 1940

Sejarah perkembangan komputer bermula dengan berkembangnya ilmu matematika. Dimulai dengan penggunaan jari-jemari manusia, kemudian tercipta alat Abakus yang dapat melakukan operasi hitung sederhana.

Kemudian pada tahun 1617, John Napier telah mengemukakan sifir logaritma dan alat ini dipanggil tulang Napier yang dapat melakukan berbagai macam perhitungan angka-angka.

Kemudian Blaise Pascal pula menciptakan mesin hitung mekanikal pertama pada tahun 1642 yang beroperasi dengan cara menggerakkan gear pada roda dan kemudian telah dikembangkan oleh William Leibnitz.

Pada tahun 1816 pula Charles Babbage telah membina the difference engine yang telah dapat menyelesaikan masalah perhitungan sifir matematik seperti logaritma secara mekanikal dengan tepat sampai dengan dua puluh digit.

Mesin ini juga telah menggunakan semacam “card” sebagai input, untuk menyimpan “file-file” data melakukan perhitungan secara otomatis dan seterusnya mengeluarkan output dalam bentuk cetakan pada kertas. Kemudian beliau telah memberikan perhatian kepada the analytical engine pula.”card” tersebut pertama kali telah digunakan sebagai alat input dalam industri tekstil pada mesin tenun otomatis ciptaan Joseph Jecquard pada tahun 1801.Herman Hoolerith telah mempopularkan penggunaan “card” sebagai alat input data yang telah banyak digunakan penduduk Amerika pada tahun 1887.Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromekanika yang disebut “Mark 1″ pada tahun 1937;elektronik dan mekanikal. Mesin ini dapat menyelesaikan masalah fungsi-fungsi trigonometri di samping perhitungan-perhitungan yang telah dilakukan mesin-mesin sebelum ini.

B. Komputer Generasi Pertama 1940

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator)

Komputer ENIAC ini diciptakan oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Penggunaan tiub tiub vakum juga telah dikurangi di dalam EDVAC, di mana proses perhitungan telah menjadi lebih cepat dibandingkan ENIAC

EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)

EDSAC telah memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tube untuk menyimpan memori.

UNIVAC I (Universal Automatic Calculator)

Pada tahun 1951 Dr Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC I , komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan.

C. Komputer Generasi Ke Dua ( 1959-1964 )

Komputer-komputer generasi kedua telah menggunakan transistor dan diode untuk menggantikan saluran-saluran vakum dan menjadikan ukuran komputer lebih kecil dan murah. Cara baru menyimpan memori juga diperkenalkan melalui teknologi magnetik. Keupayaan pemprosesan dan ukuran memori utama komputer juga bertambah dan manjadikan ia lebih efisien.

Kemunculan FORTRAN dan COBOL menandakan permulaan bahasa tingkat tinggi untuk menggantikan bahasa pengantar dalam mesin yang lebih sukar.

Minikomputer juga telah diperkenalkan yaitu yang kedua terbesar di dalam generasi komputer. Versinya yang pertama ialah DEC PDP 8 yang diciptakan pada tahun 1964 yang berguna untuk memproses data-data.

D. Komputer Generasi Ke Tiga (1964-awal 80-an)

Chip mulai menggantikan transistor sebagai bahan logis komputer dengan terhasilnya litar terkamir atau lebih dikenal dengan sebutan chip.

Jenis komputer terkecil mikrokomputer telah muncul dan paling cepat menjadi popular seperti Apple II, IBM PC dan Sinclair.

Banyak bahasa pemrograman telah muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Kebanyakan mikrokomputer didasari dengan tafsiran bahasa secara mendalam, chip ROM untuk menggunakan bahasa BASIC.

E. Komputer Generasi Ke Empat (awal 80-an-??)

Chip masih digunakan untuk memproses dan menyimpan memori. Ia lebih canggih, dilengkapi hingga ratusan ribu komponen transistor yang disebut pengamiran skala amat besar (very large scale intergartion, VLSI). Pemprosesan dapat dilakukan dengan lebih tepat,sampai jutaan bit per detik. Memori utama komputer menjadi lebih besar sehingga menyebabkan memori sekunder kurang penting. Teknologi chip yang maju ini telah mewujudkan satu lagi kelas komputer yang disebut Supercomputer.

F. Komputer Generasi Ke Lima (masa depan)

Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Ia diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa.

Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga dapat berfungsi sebagai otak manusia. Komputer ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, merespon keadaan sekeliling melalui penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan bebas dari pemikiran manusia yang disebut sebagai artificial intelligence.

TUGAS 2

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

SEJARAH KOMPUTER

Disusun oleh :

Nama : Abdul Aziz

NPM : D1A 08.0213

Kelas : 1B

Fakultas : Ilmu Komputer

Jurusan : Sistem Informasi

Universitas Subang

2008

TUGAS MERAKIT KOMPUTER (PTI)

November 4, 2008 oleh ziees

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
MERAKIT KOMPUTER (PC)

logo

disusun oleh :
nama : Abdul Aziz
NPM : DIA.08.0213
e-mail : abdul_azizcslk@yahoo.co.id
blog : ziees.wordpress.com
fakultas : Ilmu Komputer
jurusan : Sistem Informasi

Universitas Subang
2008

MERAKIT KOMPUTER KOMPUTER IDAMAN

Pengertian Komputer

Komputer adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepadanya.

Definisi yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Istilah mengenai sekelompok mesin, ataupun istilah mengenai jutaan komponen kemudian dikenal sebagai hardware komputer atau perangkat keras komputer.Hardware komputer juga dapat diartikan sebagai peralatan pisik dari komputer itu sendiri. Peralatan yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan.

Hardware

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Untuk merakit komputer(PC) kita harus tahu tentang hardware komputer(PC) diantaranya sebagai berikut:

1.Casing CPU
2.Memori
3.Motherboard
4.VGAcard
5.Processor
6.Scanner
7.Stabilizer
8.Printer
9.mouse
10.keyboard
11.speaker
12.Monitor
13.DVD R
14.Laser
15.Hardisk
16.LAN card
17.SOUNDcard

1.Casing

casing7

Bhinneka Part NO : SKU01806062
Shipping Weight (Tarif) : 9 kg
Price : US$ 72.00

Mid Tower, Bays : 4x 5.25″, 2x 3.5″, 1x 8 cm front fan, 1x 12 cm rear fan, front USB/Firewire/Audio, PSU 300w, Side Panel, White

CASING ialah tempat untuk memasang motherboard,hardisk, flopydisk, CD-ROM,DVD-ROM atau DVD-RW dan CD-Rw.Selain itu juga untuk melindungi perangkat keras lainnya yang menempel pada chassing CPU.

2.Memori

ram_details

1GB Micro SD
Bhinneka Part No : SKU00308908
Shipping Weight (Tarif) : 0.5 kg
Price : US$ 6.00
Memory Type : Micro SD
Capacity : 1GB

Memori ialah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data dan instruksi semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun instuksi yang dapat diolahnya . Beberapa jenis memori :

1. EDO-RAM(extended Data Out) : Bentuk EDO-RAM adalah SIMM(Singel Inline Memory Module). Slot memory pada motherboard 72 pin. RAM jenis ini dipakai pada Pentium I
2. SDRAM(Synchronous Dynamic RAM) : memori yang dapat mengakses data atau informasi lebih cepat dari EDO-Ram. Bentuk SD-RAM adalah DIMM(Double Inline Memory Module). Slot Memory pada motherboard 168 pin.
3. RD-RAM(RAmbus Dynamic RAM) : memory berkecepatan tinggi digunakan untuk mendukung prosesor Pentium IV. Tipe RD-RAM menggunakan slot – RIMM, mirip dengan slot SDRAM.
4. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic RAM) : Tipe memory generasi penerus SDRAM yang memiliki kemampuan dua kali cepat dari SDRAM. Slot Memori yang digunakan DDR SDRAM memiliki jumlah pin lebih banyak dari SDRAM, yaitu 184 pin.
5. DDR 2 ialah memory yang dipakai pada motherboard yang mendukung prosesor HT(Hyper Threading).

3.Motherboard

mother2

Socket :LGA775,
Intel : 945GC,
FSB :1066,
PCIe : X16,
VGA, GbE NIC, 6-ch Audio, 4x USB 2.0, DDR2-667 support, Intel Core2 Duo support [BULK]

Bhinneka Part No : SKU00507000
Shipping Weight (Tarif) : 2 kg
Price : US$ 34.00

Motherboard ialah perangkat terpenting di dalam komputer yang dijadikam media atau tempat untuk memasang atau meletakkan beberapa peralatan seperti Prosesor, memori, Card VGA, card – card ekspansi lainnya misalnya modem internal, sound card. Satuan untuk prosesor adalah Mhz (Mega Hertz)dan GHz (Giga Hertz).

4.VGA

nvidia_vga_card_6600_gt_pcie_mbga1

Bhinneka Part No :SKU00308908
Shipping Weight (Tarif) : 0.5 kg
Price : US$ 15.00

VGA card adalah suatu perangkat yang berfungsi untuk menampilkan layar atau tampilan layer pada monitor sesuai dengan perintah dari input.Selain itu juga untuk memperjelas atau memperbagus tampialn pada tampilan pada player misalnya DVD atau VCD.

5.Processor

prosesor

Bhinneka Part No : SKU00706626
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$ 44.00

Clock Speed 2.0 GHz, Dual Core, L2 Cache 1MB, HyperTransport FSB up to 2000MHz, Socket AM2, (Box)
Class K8 ,Socket AM2 ,L1 Cache 256 Kb
128Kb + 128Kb ,L2 Cache 1024 Kb,2x 512Kb

Front Side Bus : HyperTransport™ up to 2000 MT/s
Items Included : Heat Sink + Fan
Instructions : MMX
SSE SSE2 SSE3
3DNOW! Professional

Name / Number : Athlon 64 3800+
Core : Windsor
Architecture : 90 nm
Clock Speed : 2.000 MHz

Prosesor ialah sebuah chip (mikroprosesor) yang merupakan otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer, sehingga dapat bekerja satu sama lain.contoh prosesor yaitu prosesor pentium IV yang menggunakan socket 478 dan prosesor pentium IV HT maksudnya ialah bahwa prosesor ini sudah tidak memiliki kaki-kaki emas dan kaki-kaki emas itu terdapat pada socket prosesor yang terdapat di motherboard.

6.Scanner

copy-of-hp_scanner_large

Bhinneka Part No : SKU00108866
Shipping Weight (Tarif) : 6 kg
Price : US$ 53.00

A4, 1200 x 1200 dpi, Scan 3-D Object, USB
scanner type : Flatbed
Interface USB : compatible with USB 2.0 specifications
ScanResolutions : Opt Up to 1200 dpi
Bit Depth : 48-bit
Package Contents : Contents Ma

Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
pemindai gambar
pemindai barcode
pemindai sinar-X
pemindai cek
pemindai logam
pemindai Optical Mark Reader (OMR)

Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.

Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).

Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:

Flatbed
Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

Automatic Document Feeder (ADF)
Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:

kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
dengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen

7.Stabilizer

stab1

Bhinneka Part No : SKU00006741
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$ 20.00

Replaceable surge protection module for data-line protection PRM24 (RJ-45)

Features : Data-line Protection, Replaceable surge protection modules, Surge Protection
Includes : User Manual
Peak Current Common Mode : 0.25 kAmps
NM Surge Response Time (ns) : 0.0 ns
Dataline Protection : RJ45 10/100 Base-T Ethernet protection,
RJ45 10/100 Base-T Token Ring
Data Lines Protected : 1-8
Dimension : 4.37 x 1.75 x 6.91 cm
Weight : 0.02 kg
Warranty : 2 Years

Stabilizer adalah perangkat luar computer yang berfungsi untuk meningkatkan tegangan listrik atau menyimpan cadangan arus listrik jika terjadi pemadaman listrik/mati lampu.cara penggunaanya yaitu sambungan yang ada pada monitor dan cpu disambungkan pada stabilizer dan stabilizer akan menyambunbgan ke arus listrik.

8.Printer

prin

Bhinneka Part No : SKU00407084
Shipping Weight : 6 kg
Price : US$ 51.00

A4, 4800 x 1200 dpi, 20/16 ppm,
Printing Method : InkJet
Max. Media Sizes : A4
Max. Resolution : 4800
Effective Print Resolution : 4800 x 1200
Print Speed Black : 20 ppm
Print Speed Color : 16 ppm
PC Connectivity : USB
OS Compatibility : Windows Vista™/XP/2000, Mac OS X v.10.2.8 – 10.4
Network Supports : Not Available
Duplex Printing : Not Available
Power Consumption : AC Approx.: less than 0.7W(Print Standby)
AC Approx.: less than 0.5W (Off)
AC Approx.: 7W (Printing)
Dimension (WHD) : 442 x 152 x 237 mm
Weight : 3.3 Kg

Printer atau pencetak adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print headnya.

Ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer biasanya ada port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.

Pencetak modem merupakan alat canggih. Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

9.MOUSE

mmos

Bhinneka Part No : SKU00308088
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$ 5.90

Optical Mouse
800dpi
Cute Design
USB

Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse.

Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth

10.Keyboard

ketybod

Bhinneka Part No : SKU00307503
Shipping Weight (Tarif) : 0.95 kg
Price : US$ 14.00

Keyboard adalah suatu alat input yang mempunyai banyak fungsi dan karakter.karakter keyboard ini akan di tampilkan pada monitor sesuai dengan perintah dari pangguna computer itu sendiri.

11.Speaker

speke1

Bhinneka Part No : SKU00706755
Shipping Weight (Tarif) : 13 kg
Price : US$ 17.00

2.1 Speaker System 35 Watts RMS
Subwoofer : 19 Watts @ 8 ohms @ 10 % THD @ 40 – 160 Hz Single Channel Loaded
Satellite Driver : Two 28mm full-range and one 3″ midbass driver
Subwoofer Driver One 6.5″ long-throw woofer

SPEAKER (pengeras suara)
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.

12.Monitor

monitor

Bhinneka Part No : SKU00006577
Shipping Weight (Tarif) : 8 kg
Price : US$ 68.00

15″, 1024 x 768, 0.28 mm
Display Type : CRT
Screen Size : 15″
Max. Resolution : 1024 x 768
Dot Pitch : 0.28mm
Contrast Ratio : N/A
Respond Time : N/A ms
Brightness : N/A cd/m²
Display Technology : Standard CRT
Horizontal Freq. : 30 – 58 KHz
Vertical Freq. : 50-160 KHz
Video Bandwith : 100 MHz
Input Connector : D-Sub
Built-in Speaker : Not Available
Built-in TV Tuner : Not Available
Power Consumption Max. : 75 watt
Dimension :470 x 450 x 385 mm

Tampilan komputer atau monitor komputer adalah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi menampilkan proses dari sebuah set komputer. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:
monitor tabung layar cembung
monitor LCD
monitor plasma

13.DVD

dvd

Bhinneka Part No : SKU00408590

Shipping Weight (Tarif) 1 kg

Price : US$ 24.00

Internal Black IDE,
20x DVD±R,
8x DVD±R (DL),
8x DVD+RW,
6x DVD-RW,
12x DVD-RAM,
48x CD-R,
32x CD-RW,
Dual Layer,
support,.DVD-RW (OEM)
Model Internal DVD Recordable Drive
Color Black
DVD+R Write : 8X
DVD+R DL Write : 8X
DVD+RW Write : 8X
DVD-R Write : 6X
DVD Read : 16X CAV
CD-R Write : 48X
CD-RW Write : 32X
CD Read : 48X CAV
Package : Loose Pack (OEM)

DVD adalah sejenis cakram optis yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. “DVD” pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah “DVD” saja, dan huruf-huruf tersebut secara “resmi” bukan singkatan dari apapun.

Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna back-up DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink

Cakram keras (Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.

Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar

Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.

Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun

14.Laser

laser4


Bhinneka Part NO : SKU00408590
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$ 33.00

Laser adalah sebuah alat penindai yang digunakan untuk mencetak atau menyecan sesuatu misalnya sidik jari atau organ tubuh yang lainya untuk misalnya tulang dan organ tubuh yang lainnya.

15.Hardisk

hards


Bhinneka Part No : SKU00408343
Shipping Weight (Tarif) : 1 kg
Price : US$25.00

80GB, 7200RPM, SATA II, 8MB Cache
Class Hard Drive Internal
Interface : SATA II
Rotational Speed : 7200 RPM
Buffer Size : 8 MB

Hard disk adalah sutatu alat untuk penyimpanan data pada computer dalam jangka panjang.Hardisk ini tersimpan atau melekat pada cpu maka disebut dengan hard drive internal.Hardisk memiliki tempat untuk mnyimpan data yang sangat besar atau data dalam kapasitas yang sangat besar dibandingkan dengan hard drive eksternal seperti foppy disk atau flash disk.

16.LAN card

3com_lan_card_3com_switch

Detailed Gigabit LAN Card Description
Features:
a) 1,000M auto – negotiation LAN card
b) Supports 32bit PCI bus unit
c) Complies with the IEEE802.3 10Base – T, IEEE802.3u 100Base – TX,
IEEE802.3ab 1000Base – T standards
d) Supports CSMA / CD protocol
e) 1 x 10 / 100 / 1,000Mbps auto – negotiation RJ45 port
f) Supports 32bit, 33 / 66MHz PCI bus unit
g) Supports 10 / 100Mbps half / full duplex mode, 1,000Mbps full duplex mode
h) Supports IEEE802.3x full duplex flow control
i) Supports sending and receiving of Jumbo frame at 1,000Mbps
j) Compatible with PCI2.1 and PCI 2.2 standards
k) Auto – matching MDI / MDIX
l) Self – setting IRQ and I / O port address
m) 2 built – in separate FIFO buffers
n) LED indicators: 1 x 10M ACT, 1 x 1, 1 x 100M ACT, 000M ACT
o) Driver: Novell NetWare 4.2, 5. x and 6. x, Microsoft
Windows98 / 98SE / NT / Me / 2000 / XP, Linux

Inner packing:
Box dimensions: 228 x 162 x 50mm
N. W.: 156g

Outer packing:
40pcs / ctn
Carton dimensions: 560 x 495 x 346mm
G. W.: 7.24kg

Bhinneka Part No : SKU00454854
Shipping Weight (Tarif)
Price : US$11.00

LAN card adalah suatu perangkat computer yang berfungsi untuk membentuk atau untuk mengatur jaringan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya supaya ada hubungan jaringan untuk mangirim dan maenerima data dari suatu computer.

17.Soundcard

cmi_8738_6_channel_sound_card

Bhinneka Part No : SKU0041898
Shipping Weight (Tarif) :
Price : US$9.00

Soundcard adalah suatu perangkat computer yang berfungsi dalam pengaturan audio dalam suatu computer.Alat ini yang nantinya berhubungan dengan speaker agar suara dapat berbunyi dan sebaliknya untuk menginput atau merekam suatu suara.

Landasan Teori Perakitan Komputer (PC)

Adapun tahap-tahap perakitan komputer yaitu:

1. Bukalah penutup casing. Lepaskan baut di bagian belakang casing. Geserlah penutup casing, lepaskan dari rangkaiannya.

2. Ujilah power supply : setiap casing mangandung power supply. Ujilah power supply dengan menghubungkan catu daya power supply ke saluran listrik(PLN). Hidupkan computer untuk memulai pengujian. Perhatikan dan yakinkan power supply berfungsi dengan baik.

3. Siapkan motherboard amati bagian-bagianya dan bukalah pengunci soket prosesor dan ambil prosesor pasangkan pada soket prosesor dengan memperhatikan tanda yang ada pada prosesor yang biasanya ditandai dengan lengkukan ,lubang, dan anak panah dan cocokan dengan soket prosesor yang ada pada motherboard dan jika hal ini dilakukan maka prosesor skan terpasang dengan baik dan benar.

4. Memasang heatsink caranya yaitu sebelum memasang heatsink perhatikan jarak tependek kabel daya unutk kipas dengan konektor daya yang ada pada motherboard agar kabel daya tidak bersinggungan dengan kipas. Lalu letakkan heatsink diatas prosesor dan sesuaikan dengan dudukan pendingin pada motherboard. Kuncilah empat titik pendingin itu dengan cara tekan putar searah jarum jam menggunakan obeng plus(+).

5. Memasang memory yang dipakai ialah memory ddr 2 caranya yaitu bukalah kunci slot memory dan pasanglah memory dengan mencocokkan kaki –kaki memory yang ada dengan slotnya dan tekanlah vertikal ke bawah sampai terdengar bunyi klik dan kunci slot memory akan tertutup sendiri. Yang perlu diperhatikan disini ialah bahwa jika memory ini dipasang terbalik maka tidak akan masuk ke slotnya.

6. Memasang motherboard ke casing yaitu sebelum memasang motherboard cocokanlah motherboard dengan dudukan motherboard yang terdapat pada casing. Untuk setiap lubang baut harus disekrup agar motherboard kita tidak goyah. Untuk mengunci motherboard ke casing maka gunakan obeng bunga dan kuncliah setiap lubang baut dengan baut. Pasanglah kabel power supply pada konektor kabel catu daya yang terdapat pada motherboard.

7. Tahap selanjutnya ialah memasang hardisk pertama setlah jumper pada hardisk pada posisi master caranya dengan melihat label yang terdapat pada hardisk set setelah itu pasanglah hardisk ke casing dengan menguncinya dengan baut.

8. Setelah hardisk terpasang pada casing selanjutnya pemasangan kabel data ke hardisk caranya perhatikanlah pada kabel tersebut terdapat satu garis yang berwarna merah yang menandahkan pin 1 sesuaikan dengan tanda yang terdapat pada hardisk yang ditandai dengan tanda 1. setelah itu pasanglah kabel data pada hardisk dan ujung kabel data lainya pasanglah pada konektor yang terdapat pada motherboard dan garis merah kabel dihubungkan dengan konektor ide/hdd1 yang terdapat tanda 1.

9. Setelah itu pasanglah kabel power suply dengan catu daya yang terdapat pada hardisk.

10. Memasang cd rom caranya seperi memasang hardisk yang perlu diperhatikan sini ialah jika menggunakan satu kabel dengan hardisk setlah jumper pada posisi slave. Setelah pasanglah kabel data dimana pin kabel yang berwarna merah dihubungkan dengan tanda 1 yang terdapat pada cd rom. Jika menggunakan kabel tersendiri maka setlah jumper pada posisi master dengan pin kabel berwana merah dihubungkan dengan cd rom yang ditandai dengan 1 dan pasanglah ujung kabel lainnya ke konektor ide/hdd2 yang terdapat pada motherboard. Untuk tahap selanjutnya yaitu pasang kabel power supply ke konektor catu daya yang terdapat pada cd-rom .

11. Setelah selesai pasang konektor kabel misalnya kabel power,kabel speaker,kabel led power, kabel led hardisk , kabel reset pada konektornya di motherboard caranya dengan memperhatikan tulisan terdapat disana.Setelah itu kuncinglah penutup casing dengan baut.

Tahap Penginstalan

1. Hidupkan komputer dan langsung tekan tombol delete.

2. Setelah itu masuk ke bios dan ubah boot sequence ke cd-rom yang biasanya terdapat pada menu bios features setup.

3. Lalu keluar dari menu bios features setup dan pilihlah menu save & exit setup.

4. Maka komputer akan restart, sebelum restart masukkan cd sistem operasi didalam cd drive.

5. Setelah itu pada tampilan pertama pilih F8 untuk melanjut.

6. Setelah itu maka pada halaman selanjutnya kita partisi hardik dan memformat Hardisk.

7. Setelah itu maka ikuti instuksi selanjutnya sampai tahap selanjutnya maka akan diminta cd key yang terdiri dari 25 karakter. Masukkanlah cd key yang terdapat pada label cd dengan benar.

8. Ikuti instuksi selanjutnya maka komputer akan restart dan setelah itu komputer siap digunakan.

9. Masukan cd driver ke dalam cd rom yang terdapat dalam kotak motherboard lalu klik instal untuk menginstal semua driver.
1
0. Komputer siap digunakan.

5. Penjabaran Mengenai Hasil Rancangan

Pada tahap awal perancangan saya membuat intro atau pembukaan simulasi kami.Dari frame1 sampai frame 77, mengimport gambar-gambar perakitan komputer yang diperoleh dari internet(gambar aslinya).kemudian membuat layer 2 untuk membuat judul simulasi dan nama anggota kelompok.Pada layer 3 buat button untuk masuk ke perakitan komputer (scene 2).Layer 4 untuk masuk ke penginstalan windows (scene 5). Layer 5 untuk masuk ke perkenalan hardware(scene 4).pada frame 78 saya membuat perintah action script ”stop”,agar simulasi berhenti pada frame tersebut dan tidak masuk ke scene berikutnya.Pada button 1 saya memasukkan perintah on(release) gotoandplay(”scene 2”,1).Agar pada saat penekanan button 1 langsung masuk ke scene 2 frame 1.

Pada button 2 saya memasukkan perintah on(release) gotoandplay(”scene 5”,1).Agar pada saat penekanan button 2 langsung masuk ke scene 5 frame 1.Pada button 3 saya memasukkan perintah on (release) gotoandplay(”scene 4”,1).Agar pada saat penekanan button 3 langsung masuk ke scene 4 frame 1.

Pada layer 2 frame 1 scene 2 (perakitan komputer) saya mengimport gambar motherboard lalu insert frame pada frame 30..Pada layer 3 frame 1 import gambar prosesor kemudian buat motion tween dari frame 1 sampai 30 sehingga prosesor bergerak ke slot prosesor pada motherboard lalu copy gambar pada frame 30.

Pada layer berikut frame 31 paste gambar pada frame 30.,insert frame pada frame 60.Layer berikutnya frame 31 import gambar fan prosesor,create motion tween sampai frame 60,copy gambar tersebut. Tujuan dari mengcopy dan paste gambar tersebut adalah agar pada motion tween berikutnya gambar tersebut tidak bergerak.

Layer 1 khusus digunakan untuk membuat keterangan dari proses perakitan yang sedang dilakukan.Pada layer 1 ini juga menggunakan motion tween agar tulisan/keterangannya dapat bergerak-gerak.sehingga tampilan tidak begitu kaku.

Pada layer 6 frame 61 paste gambar pada frame 60 tersebut.Insert frame pada frame 90.Layer 7 frame 61 import gambar memori,insert frame pada frame 90.Pada frame 61 layer 7 create motion tween agar memori bergerak ke slot memori pada motherboard.Setelah itu saya membuat pemasangan memori yang dilihat dari samping.

Pada pemasangan Harddisk dan CD-Rom saya menggunakan motion frame by frame.Pada pemasangan kabel-kabel,gambar-gambar yang dibuat hanya gambar kabel,colokan dan slotnya saja.Tidak digambar secara terperinci.Pada pemasangan kabel CD-Rom dan kabel power ke CD-Rom,yang tampak hanya kabel-kabel dan CD-rom yang dilihat dari belakang saja.tidak tampak motherboard dan casing yang telah dipasang menjadi satu rangkaian perakitan.Begitu dengan pemasangan kabel harddisk dan kabel power ke harddisk.Pemasangan colokan keyboard dan mouse,monitor,loudspeaker,dan colokan listrik semuanya menggunakan motion tween.
Pada penginstalan window hanya mengimport gambar – gambar yang digunakan pada pembuatan simulasi,tidak menggunakan motion tween.Hanya pada layer 1 yang menggunakan motion tween.Ini dibuat untuk menampilkan keterangan-keterangan pada saat simulasi berjalan,sama pada scene 2 layer 1.

Pada perkenalan hardware saya mengimport gambar-gambar spesifikasi hardware yang digunakan dalam perakitan komputer.Saya juga menggunakan motion tween untuk menampilkan hardware-hardware tersebut satu per satu disertai dengan keterangan/nama spesifikasi hardware-hardware tersebut.

Sebenarnya cara kerja dari awal sampai akhir sama,yaitu sama seperti langkah-langkah kerja di atas.dari perakitan komputer dari awalnya sampai akhirnya,perkenalan hardware dari awal sampai akhir dan penginstalan window dari awal sampai akhirnya saya menggunakan cara kerja yang sama dengan yang di atas.Tetapi pada frame-frame tertentu saya ada memasukkan action script yaitu:

Pada scene 2 layer 56 frame 915 saya memasukkan perintah stop(); gotoAndStop(”Scene 1″,78); Fungsinya : pada saat simulasi sampai pada frame 915 simulasi langsung masuk dan berhenti pada scene 1 frame 78.

Pada scene 4 layer 45 frame 940 saya memasukkan perintah stop();gotoAndStop(”Scene 1″,78);fungsinya : pada saat simulasi sampai pada frame 940 simulasi langsung masuk dan berhenti pada scene 1 frame 78.

Pada scene 5 layer 16 frame 521 saya memasukkan perintah stop();gotoAndStop(”Scene 1″,78);fungsinya: pada saat simulasi sampai pada frame 521 simulasi langsung masuk dan berhenti pada scene 1 frame 78.

Semua gambar – gambar yang saya gunakan sudah didesign sebelumnya dengan coral draw.

6. Daftar Pustaka
Gumawang, Atang. 2004. Belajar Merakit Komputer. Bandung :
Informatika Bandung.
http://www.oke.or.id/tutorial/Yamta-Merakit%20Komputer%5B1%5D.pdf.
http://ikc.cbn.net.id/umum/arifirwansyah-merakit.php

Kesimpulan

Sebelum kita merakit ataupun membeli sebuah komputer(PC) kita harus mengetahui terlebih dahulu yaitu merk hardware-hardware yang terbaru dan yang terbagus karena ini adalah hal terpenting dalam proses merakit sebuah PC.Selain itu juga kiat harus memperhitungkan harga hardware-hardware tersebut,apaka merk tersebut sudah pas dengan harga pasaran,yang paling penting kita harus mengeluarkan untuk PC tersebut seminimum mungkin.Setelah kita tahu tentang harga dan hardwarenya kita harus tahu tentang tahapan merakit komputer seperti contoh tahapan merakit komputer tadi diatas.

Berikut adalah harga-harga hardware untuk PC yang rakit, dari bhinneka.com:NO

NAMA HARDWARE HARGA
1
Casing CPU US$ 72
2
Memori US$ 6
3
Motherboard US$ 34
4
VGAcard US$ 15
5
Processor US$ 44
6
Scanner US$ 53
7
Stabilizer US$ 20
8
Printer US$ 51
9
mouse US$ 5.9
10
keyboard US$ 14
11
speaker US$ 17
12
Monitor US$ 68
13
DVD R US$ 24
14
.Laser US$ 33

15
Hardisk US$ 25
16
LAN card US$ 11
17
Sound card US$ 9

Total
US$ 501,9

Tentang penulis

Abdul Aziz

picture-0045


Hello world!

November 4, 2008 oleh ziees

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!